SMP Negeri 3 Krian Musholla SMP Negeri 3 Krian Taman Kolam Spentika Depan Taman Kolam Green House Taman Kolam Green House Taman Kolam Green House Kolam Belakang Taman Kolam Tengah

Wednesday, May 10, 2023

Kunci Pintas Pada Windows


Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows setiap harinya, maka artikel ini dijamin akan meningkatkan produktivitasmu. Tombol-tombol pintas di bawah ini adalah daftar eklusif yang akan memudahkan pekerjaan harianmu.

Mungkin kamu tahu beberapa dari trik di bawah ini, namun kebanyakan dari tombol pintas ini tak banyak diketahui oleh khalayak umum.

Sekali kamu menggunakan beberapa tips keyboard shortcut di bawah ini, kamu akan menyadari betapa mudahnya menjelajah dan mengoperasikan Windows.

Tombol Pintas Dasar Pada Keyboard di Windows

1. Ctrl + Z : Undo

Tak peduli apa yang sedang kamu lakukan di Windows, kamu akan terselamatkan dengan tombol pintas ini. Ctrl + Z ini membuatmu kembali ke input terakhir yang kamu masukkan.

Jadi, jangan takut tentang kesalahan-kesalahan yang kamu perbuat karena Ctrl + Z siap untuk membenarkan kesalahanmu.

2. Ctrl + A : Pilih Semua

Lagi-lagi tombol yang berfungsi dimanapun kamu sedang berada di Windows. Ctrl + A ini akan memilih semua teks, files, folder atau elemen-elemen lain tergantung program apa yang sedang kamu jalankan.

Nah, sekarang kamu tak perlu untuk menggeser mouse untuk memilih semua, cukup tekan Ctrl + A.

3. Ctrl + C : Copy

Setelah memilih apa yang kamu inginkan, apa yang akan kamu lakukan? Menyalinnya, tentu saja. Ctrl + C ini mungkin adalah salah satu pintasan paling populer yang sering digunakan orang-orang saat mengoperasikan Windows.

Tombol pintas ini membuatmu bisa menyalin apapun yang kamu inginkan dan akan tetap seperti itu sampai kamu siap untuk menempelnya (paste)–yang akan dijelaskan di bawah ini.

4. Ctrl + V : Paste

Pinntasan ini membuatmu bisa paste semua hal yang sudah kamu copy sebelumnya–entah itu teks, file, gambar atau sebuah folder. Tombol pintas yang sangat bermanfaat, bukan?

Oh ya, apabila kamu ingin paste sekedar teks saja, tanpa membawa format dari sumber aslinya, maka tambahakan tombol Shift, sehingga menjadi Ctrl + Shift + V.

5. Ctrl + X : Cut

Apakah kamu tak menginginkan teks/tabel/gambar/file berada di suatu tempat? Tinggal pilih saja lalu tekan Ctrl + X.

Mereka akan dipindahkan dan kamu tinggal memencet tombol paste untuk menaruhnya ke tempat yang kamu inginkan.

6. Alt + Tab : Berpindah Layar/Tab

Tombol pintas ini selalu berusaha ditingkatkan oleh Windows setiap kali versi baru keluar. Cukup tekan Alt lalu tombol Tab dan kamu akan segera berpindah ke layar/tab selanjutnya.

Oh ya, jika kamu menahan tombol Alt + Tab ini, kamu bisa memilih layar/tab mana yang kamu inginkan. Membuat multi-tasking lebih mudah, bukan?

7. Ctrl + Alt + Del : Membuka Task Manager

Apa yang terjadi saat sebuah aplikasi mulai melambat atau tak merespon atau Windows mu tak bisa kamu apa-apain? Nah, silahkan memanggil program ajaib bernama Task Manager dengan memencet Ctrl + Alt + Del.

Di Task Manager ini kamu bisa mengecek program atau aplikasi mana yang membuat komputermu menjadi lambat, lalu mematikan program tersebut dari sana. Program pembuat masalah disingkirkan dan komputermu kembali seperti semula.

8. Alt + F4 : Menutup Aplikasi

Salah satu pintasan lain yang paling terkenal adalah Alt + F4 yang sepertinya sudah ada sejak Windows pertama kali muncul. Tombol pintas ini bisa menutup aplikasi apa saja yang kamu inginkan.

Bahkan tak hanya aplikasi, tapi juga games atau program apapun. Namun, sebelum kamu memencet tombol  ini, sebaiknya simpan pekerjaanmu terlebih dahulu, ya.

9. Ctrl + F : Find

Apakah kamu ingin mencari file atau folder yang lupa kamu taruh di mana? Atau sekedar kata tertentu di dokumen atau browser? Nah, Ctrl + F ini adalah tombol pintas yang bisa kamu gunakan.

Tombol pintas ini akan membuka sebuah kotak kecil di mana kamu bisa menuliskan nama file/kata yang ingin kamu cari dan akan menampikan hasil pencarian dengan cepat.

10. Ctrl + H : Temukan dan Ganti

Kamu tak hanya ingin mencari beberapa kata, namun juga menggantinya? Tak masalah, kamu bisa menggunakan tombol pintas Ctrl + H ini. Tombol pintas ini akan membuka sebuah kotak, lalu kamu tinggal menuliskan kata yang ingin kamu temukan dan ganti.

11. Ctrl + E : Memilih Tombol Pencarian

Tak peduli apakah kamu berada di File Explorer atau berada di browser, memencet tombol pintas Ctrl + E ini akan membawamu langsung ke tombol pencarian dan kamu langsung bisa mengetik lalu mencari dari sana.

12. Ctrl + N : Membuka Jendela Baru

Memencet tombol pintas Ctrl + N akan membuka file baru atau jendela baru tergantung apakah kamu sedang browsing internet atau hanya sekedar berada di File Explorer.

Tombol pintas ini bisa bekerja di kebanyakan aplikasi offline maupun online yang tersedia bagi sistem operasi Windows.

13. Ctrl + Mouse Scroll Wheel

Apakah teks terasa terlalu kecil dan kamu ingin melihatnya dengan lebih detil? Atau ingin melihat gambar infografis dengan lebih jelas? Nah, tombol pintas ini memang bertujuan untuk melakukan hal itu–atau dengan kata lain melakukan zoom.

14. Win + L : Mengunci Komputer

Ingin meninggalkan komputer, tapi tak mau mematikannya atau menaruhnya dalam sleep mode? Silahkan pencet tombol Win (gambar bendera) + L untuk mengunci komputermu tanpa mematikannya.

Kamu bisa membukanya kembali dengan memasukkan password apabila kamu sudah mengaturnya terlebih dahulu.

15. Win + D : Kembali ke Desktop

Tak peduli berapa banyak tab/jendela yang kamu buka, tombol pintas ini dengan cepat me-minimize mereka semua dan membawamu kembali ke desktop awal. Enak, kan? Kamu tak perlu memencet minimize satu-satu.

16. Win + Tab : Membuka Task View

Hampir mirip dengan Alt + Tab, namun tombol pintas ini merupakan tombol pintas lanjutan untuk bernavigasi di Windows. Saat kamu memencet tombol pintas ini, kamu akan melihat semua program yang sedang kamu buka atau program yang sering kamu buka.

17. Win + C : Membuka Cortana

Apakah kamu suka dengan fitur asisten pribadi seperti Siri di iPhone atau Google Assistant di Android? Di Windows juga ada lho dan namanya adalah Cortana. Kamu bisa memanggil Cortana dengan memencet tombol pintas Win + C.

18. Win + Prtscn : Menyimpan Screenshot

Kalau tombol Prtscn membuatmu bisa mengambil screenshot dari jendela yang terbuka, maka memencet tombol Win bersama Prtscn membuatmu bisa langsung menyimpan screenshot yang baru saja kamu ambil itu.

Screenshot itu akan tersimpan secara otomatis dalam folder bernama “Screenshots” yang berada di dalam folder “Pictures” di “My Documents.” Tak perlu ribet untuk menginstal aplikasi screenshot tambahan, kan?

19. Win + I : Membuka Settings

Perlu membuka menu settings dengan cepat? Nah, sekarang kamu tak perlu ribet memencet ini itu untuk masuk ke menu settings karena tombol pintas Win + I akan melakukannya dengan cepat untukmu.

20. Win + S : Mencari di Search Bar

Pasti kamu mempunyai file atau aplikasi  yang tak bisa kamu temukan di komputermu, kan? Maka dari itu, Windows menciptakan fitur bernama Search Bar. Kamu bisa dengan mudah mengaksesnya dengan memencet Win + S dan memasukkan nama file yang kamu inginkan.

21. F2 : Ganti Nama

Tergantung dari merek komputermu, tombol F2 ini punya banyak fitur seperti menaikkan/menurunkan volume atau mematikan/menyalakan wifi.

Namun apabila kamu memencet F2 bersamaan, kamu bisa menggunakan fitur Rename saat file/folder suah dipilih. Berguna apabila mouse atau touchpad bermasalah.

22. F5 : Refresh

Apakah komputermu melambat atau nge-hang? Nah, refresh adalah salah satu cara tertua untuk “menyegarkan” kembali komputermu yang mulai melambat.

Setidaknya kamu pasti pernah menyoba cara ini dengan klik kanan lalu refresh di desktop. Namun apabila komputermu benar-benar melambat dan kamu tak bisa menekan klik kanan, maka tombol pintas F5 ini akan benar-benar membantumu

sumber : https://www.golife.id/tombol-pintas-pada-keyboard-di-windows/

Kumpulan Shortcut Microsoft Word
1. Ctrl + A = memilih atau melakukan blok ke seluruh teks
2. Ctrl + B = menebali kata/kalimat/paragraf pilihan (bold)

3. Ctrl + C = menyalin teks yang disorot
4. Ctrl + D = memilih format huruf
5. Ctrl + E = membuat teks agar rata tengah
6. Ctrl + F = find atau membuka kotak pencarian
7. Ctrl + G = masuk ke halaman tertentu
8. Ctrl + H = mengganti teks atau format spesifik
9. Ctrl + I = membuat huruf agar tercetak miring
10. Ctrl + J = membuat teks agar rata kiri-kanan
11. Ctrl + K = memasukkan tautan
12. Ctrl + L = membuat teks supaya rata kiri
13. Ctrl + M = meratakan paragraf ke kanan
14. Ctrl + N = membuat dokumen baru
15. Ctrl + O = membuka dokumen
16. Ctrl + P = print
17. Ctrl + Q = menghapus pengaturan yang dibuat
18. Ctrl + R = membuat teks rata kanan
19. Ctrl + S = menyimpan dokumen
20. Ctrl + T = menggeser tabulasi bagian bawah ke atas
21. Ctrl + U = membuat garis bawah
22. Ctrl + V = menempelkan teks atau objek tertentu
23. Ctrl + W = menutup
24. Ctrl + X = memotong teks atau suatu objek yang ditandai
25. Ctrl + Y = melakukan aksi terakhir
26. Ctrl + Z = membatalkan aksi sebelumnya
27. Ctrl + shift + C = menyalin teks
28. Ctrl + shift + D = menambah garis bawah dobel
29. Ctrl + shift + E = melihat perubahan yang dilakukan
30. Ctrl + shift + F = mengubah atau memilih font
31. Ctrl + shift + H = menyembunyikan teks
32. Ctrl + shift + K = membuat huruf agar tertulis kapital
33. Ctrl + shift + L = membuat teks yang disorot menjadi daftar poin
34. Ctrl + shift + N = membuat paragraf yang dipilih sesuai dengan pengaturan asal
35. Ctrl + shift + P = mengganti ukuran huruf
36. Ctrl + shift + Q = mengganti huruf yang dipilih menjadi simbol
37. Ctrl + shift + S = menerapkan gaya
38. Ctrl + shift + T = menggeser paragraf ke kiri
39. Ctrl + shift + V = menempelkan teks atau objek tertentu, seperti Ctrl + V
40. Ctrl + shift + W = membuat garis bawah
41. Ctrl + shift + > = menyorot teks ke kanan
42. Ctrl + shift + < = menyorot teks ke kiri
43. Ctrl + 1 = membuat spasi tunggal
44. Ctrl + 5 = membuat spasi 1,5
45. Ctrl + 2 = membuat spasi ganda
46. Ctrl + Alt + 1 = membuat teks menjadi heading 1
47. Ctrl + Alt + 2 = membuat teks menjadi heading 2
48. Ctrl + Alt + 3 = membuat teks menjadi heading 3
49. Ctrl + S = (save) menyimpan dokumen
50. Ctrl + W = menutup dokumen
51. Ctrl + Del = menghapus kata yang ada di kanan kursor
52. Ctrl + Backspace = menghapus kata yang ada di kiri kursor
53. Ctrl + End = memindah kursor ke akhir dokumen
54. Ctrl + Home = memindah kursor ke awal dokumen

sumber : https://www.detik.com/

Untuk Text sebagai latihan bisa anda ambil tentang artikel perlindungan hutan, klik disini

No comments:

Post a Comment