SMP Negeri 3 Krian Musholla SMP Negeri 3 Krian Taman Kolam Spentika Depan Taman Kolam Green House Taman Kolam Green House Taman Kolam Green House Kolam Belakang Taman Kolam Tengah

Wednesday, July 15, 2020

PENGERTIAN GOOGLE DRIVE: Fungsi, Manfaat & Cara Menggunakan

Pengertian Google Drive – Pernahkah kita, ketika misalnya akan melakukan presentasi atau hal lain tiba-tiba file yang ingin kita gunakan tidak terbawa, entah itu masih tertinggal di komputer ataupun laptop.

Atau mungkin kita pernah kehilangan file-file penting yang tersimpan di laptop atau smartphone kita karena satu dan lain hal. Misalnya foto kenangan masa kecil, file tugas sekolah atau bahkan file skripsi sehingga menyebabkan kita harus menyusun ulang skripsi.

Nah, untuk mengatasi hal semacam itu Google Drive hadir sebagai media penyimpanan online yang membuat data kita tersimpan secara cloud sehingga data tersimpan aman dan dapat digunakan kapan pun, dimanapun.

Pengertian Google Drive


Google drive adalah media penyimpanan data online (daring) berbasis cloud atau Internet yang dikembangkan dan diperkenalkan oleh Google pada tanggal 24 April 2012. Pada dasarnya layanan Google Drive sama seperti cloud storage lain semacam dropbox atau OneDrive.

Aplikasi ini tersedia dalam bentuk dekstop ataupun smartphone. Pada beberapa jenis ponsel Google Drive atau GDrive menjadi aplikasi bawaan yang terinstal secara otomatis di sistem.

Di google drive kita dapat menyimpan file-file berupa dokumen, gambar, audio ataupun video dengan kapasitas gratis sebesar 15 Gigabyte. Jika ingin lebih dari itu maka kita harus upgrade account.

Sementar itu, kita dapat menyimpan, mengedit dan mengambil file dari google drive dengan catatan perangkat komputer atau smartphone harus terhubung dengan jaringan internet.

 

Kesimpulan

Pengertian Google Drive adalah media penyimpanan online berbasis cloud yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Google.

Fungsi Google Drive


Google drive mempunyai beberapa fungsi utama untuk para penggunanya. Beberapa fungsi tersebut diantaranya:

1. Untuk Menyimpan File

Fungsi utama Google Drive adalah sebagai media penyimpanan data dengan Google Drive ikan dapat menyimpan data dalam bentuk dokumen gambar atau apapun pada media penyimpanan online tanpa harus menyediakan storage atau media penyimpanan offline seperti ram ataupun hardisk

2. Berbagi File

Dengan menggunakan Google Drive kita dapat berbagi file secara langsung tanpa perlu melakukan konfigurasi konfigurasi yang rumit kita dapat berbagi file secara langsung dengan mengundang pengguna lain melalui Link yang kita berikan atau pun kita undang melalui alamat email

3. Edit File

Kita dapat melakukan editing data langsung tanpa harus mengunduhnya. GDrive mendukung fitur edit data teks yang terhubung dengan google spreadsheet. aplikasi tersebut berfungsi mirip seperti ms word atau excel hanya saja berbentuk online tanpa harus melakukan instalasi software.

4. Melakukan BackUp Data

Sebetulnya ini sama seperti poin pertama, Google drive digunakan untuk membackup data baik itu data yang ada di komputer ataupun perangkat lunak lainnya.

Secara pribadi penulis sering menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan file-file yang terdapat pada website agar nantinya ketika terjadi sesuatu pada website kita dapat merestar kembali file-file tersebut dengan bantuan software pihak ketiga

Manfaat Google Drive


1. Data Tersimpan Aman

Menyimpan data di google drive lebih aman dibandingkan kita menyimpan data di komputer ataupun telepon pintar, karena alat semacam itu rawan mengalami kerusakan ataupun hilang karena pencurian.

Walaupun seperti itu, tetap saja kita perlu berhati-hati karena pencurian data pun bisa saja terjadi pada perangkat cloud storage semacam GDrive ini.

 

2. Data Dapat Digunakan Kapanpun dan Dimanapun

Kita dapat menggunakan GDrive dimanapun dan kapanpun sesuai keinginan kita sepanjang device terhubung ke Internet. Ini akan memudahkan kita. Misalnya, ketika akan melakukan presentasi tiba-tiba laptop tertinggal di rumah, sedangkan data kita ada di laptop tersebut.

Apabila kita menyimpan data tersebut di GDrive kita tinggal meminjam laptop kerabat kemudian masuk ke akun GDrive kita dan datapun bisa langsung kita buka atau unduh untuk kemudian digunakan sebagai materi presentasi.

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive


Google Drive mempunya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dalam website profile aplikasi ini, setidaknya mereka menawarkan 4 kelebihan.

 

1. Jumlah Memori Penyimpanan Cukup Besar (15 GB)

Dalam versi free, GDrive memberikan memori sebesar 15 GB yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data-data. Kita hanya perlu melakukan upgrade akun jika menginginkan memori penyimpanan tambahan.

 

2. Dapat Menyimpat Berbagai Data (Keep Any File)

Seperti dijabarkan sebelumnya, kita dapat menyimpan data dalam bentuk apapun ke GDrive, entah itu teks dokumen, gambar, audio dan file file lain.

3. Dapat Berbagi File (Share What you Want)

File-file yang tersimpan dapat kita bagikan pada teman-teman yang kita kehendaki, baik melalui whatsapp, facebook, messenger, easyShare ataupun pesan teks sms.

4. Data Tersimpan Aman (Safe and Secure)

Rasanya kita tidak perlu meragukan developer-developer yang bekerja di Google company. tentu mereka orang-orang terbaik yang memiliki kehandalan dalam hal teknologi dan keamanannya. Walaupun dalam dunia IT ada filosofi “tidak ada data yang aman”.

Untuk kekurangan, penulis rasa kekurangan media penyimpanan ini lebih ke cara penggunaan. Pengguna yang akan mengupload atau mengakses data harus terkoneksi ke jaringan Internet, meskipun sebenarnya GDrive menyuguhkan fitur agar data bisa digunakan ketika offline.

Sumber : https://salamadian.com/pengertian-google-drive/


No comments:

Post a Comment